Praktikum Kesehatan Masyarakat Angkatan 2007 Universitas Haluoleo

Praktikum adalah salah satu sks yang wajib diprogram di Kesehatan Masyarakat UHO. Jumlah mahasiswa angkatan 2007 waktu itu + 210 orang. Sungguh sebuah jumlah yang fantastik mengingat daya tampung ruangan yang tidak memadai untuk angkatan menyedihkan ini. Hahahaha.

Tapi, kalau kita lihat dari sisi positifnya, angkatan inilah yang paling beragam, paling unik, dan punya banyak hal yang menyenangkan didalamnya.

Seingatku, praktikum di Makassar merupakan pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Kami terbagi menjadi 3 kelompok peminatan diantaranya peminatan KLKK (Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja), AKK (Administrasi Kebijakan Kesehatan), dan Epid (Epidemiologi). Kesemuanya ini tergabung menjadi satu tatkala wisma yang kami gunakan merupakan satu kesatuan gedung yang tidak terpisah. Kami tinggal 1 atap dengan beberapa ruangan yang terbagi. Ramainya luar biasa. Banyak kejadian yang tidak kami sangka-sangka dan tidak jarang kejadian lucu terjadi di dalam Wisma Grouth Cetre ini.

Salah satu kejadian yang saya ingat adalah ketika teman kita bernama Ewis, kesurupan di dalam wisma. Ketika itu kami duduk-duduk seperti biasa di ruang tamu, dan tiba-tiba Ewis berteriak. Sontak semua kaget dan berlari ke arah datangnya teriakan itu. Roh yang masuk ke tubuh ewis ternyata adalah penunggu wisma itu. Sang penunggu memberikan nasehat agar kami tidak gaduh dan selalu menjaga kebersihan di dalam toilet. Alhasil, setelah roh dikeluarkan oleh orang pintar, tak ada satu orangpun yang berani menggunakan toilet di lantai 2. Toilet lantai 1 pun menjadi toilet umum untuk mahasiswa yang berjumlah 210 orang itu.

Ada juga kejadian yang menegangkan ketika Yetty meninggalkan laptopnya di bangku mikrolet UNHAS. Saya pun ikut mencari mikrolet itu. Sampai pergi ke pangkalan tempat mikrolet biasa nongkrong. Alhamdulilah, Si Sopir merupakan orang yang jujur, dan mengembalikan laptop itu ke tangan Yetty tanpa pamrih sedikitpun. Yettypun kembali tersenyum.

Dalam praktikum ini kami mengetahui beberapa hal yang menjadi rahasia. Pertama, Dedi dan Rini Harjanti ternyata diam-diam menjalin kasih dan saling memberi perhatian. Kedua, Mini ditemui oleh jodohnya yang membuat Adit cemburu bukan main sampai-sampai asah parang. Ketiga ada yang selingkuh, hahahaha. Dan masih banyak lagi.

Saya mencoba mendokumentasikan sebanyak mungkin aktivitas teman-teman disana. Ini beberapa video hasil tipu daya saya, HOHOHOHOHOHO:











Yang paling banyak gerakan tambahannya disini adalah Syawal. Ini dia aksinya bermain drum angin:



Inilah semua anak kesmas 2007, angkatanku:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tabe, komentar ta' di...